Selasa, 16 Mei 2017

UH 2 kelas XI semester 2 tahun 201/2017 April 17



  UH 2 kelas XI semester 2 tahun 201/2017 SK 11 KD 11.1,2
Jawablah pertanyaan berikut secara jelas!
1.    Bacalah kutipan tajuk rencana berikut.
Muktamar Satu Abad sebagai jembatan emas tergambar dari tema yang diusung, yakni Gerak Melintasi Zaman, Dakwah dan Tajdid Menuju Peradaban Utama. Sebagaimana dikandung dalam kerangka acuan Muktamar. Bahwa kalimat “Gerak Melintasi Zaman” mengandung dua makna. Pertama melewati, menjalani, menapaki, dan menghadapi masa atau keadaan sejak kelahirannya hingga usia ke-100 tahun. Kedua menyeberangi atau melintas-batas yakni memasuki fase baru setelah usianya satu abad ke peralihan abad selanjutnya. Adapun kalimat “Dakwah dan Tajdid Menuju Peradaban Utama” mengandung pengertian bahwa dalam melintasi zaman selama satu abad maupun untuk masa selanjutnya Muhammadiyah senantiasa hadir sebagai gerakan Islam yang senantiasa istiqamah mengemban misi dakwah dan tajdid untuk mewujudkan peradaban yang utama. Sedangkan makna yang terkandung dari substansi “Peradaban Utama” yakni peradaban Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Peradaban utama tersebut merupakan suatu peradaban khaira ummah (umat terbaik, umat pilihan) sebagai manifestasi objektif atau objektivasi dari kehidupan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya yang tumbuh dan berkembang di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peradaban utama yang lahir dari gerakan dakwah dan tajdid Muhammadiyah di bumi Indonesia tersebut pada perkembangan yang lebih luas dapat menyinari kehidupan umat manusia secara universal, sebagai matarantai dari misi kerisalahan atau gerakan Islam yang dibawa dan disebarluaskan Muhammadiyah untuk mewujudkan Islam sebagai agama rahmatan lil-‘alamin di muka bumi.  Muktamar ke-46 yang diselenggarakan tanggal 3 s/d 8 Juli 2010 bertepatan 20 s/d 25 Rajab 1431 H di Yogyakarta itu bersamaan dengan Muktamar Aisyiyah dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah.
a.    Ungkapkanlah isi pokok isi tajuk rencana di atas.
b.    Temukan satu kalimat  fakta dan satu opini.
2.    Bagaimanakah pola penulisan sebuah  tajuk di atas? (fakta ke opini atau sebaliknya) berilah penjelasan!
3.    Siapakah yang mempunyai kepentingan dengan tajuk di atas ?
4.    Mengapa editorial/tajuk umumnya sangat penting untuk dibaca?
5.    Ringkaslah isi pokok paragraf  di bawah ini adalah…
Penentuan waktu belajar memegang peranan yang sangat sentral. Sebaiknya, waktu belajar ini disusun dalam bentuk daily activity. Penempatan waktu belajar dalam kegiatan sehari-hari juga harus mempertimbangkan kondisi lingkungan dan kondisi fisik dan fisiologis. Kondisi lingkungan (baik rumah maupun sekolah) harus menjadi pertimbangan. Kondisi fisik dan fisiologis juga harus menjadi prioritas. Biasanya, dimalam hari, kondisi tubuh kita terasa capek, penat karena aktivitas keseharian, sehingga tidak mendukung belajar yang efektif. Kami menyarankan belajar di pagi hari (kalau bisa, biasakan bangun lebih awal). Kalau bisa, waktu malam, tidurlah lebih cepat, untuk menyegarkan kondisi tubuh kembali, sehingga bisa bangun lebih awal. Belajar dipagi hari lebih menguntungkan, dimana otak dalam kondisi fresh kembali, juga kondisi lingkungan biasanya tidak terlalu mengganggu (tenang).
BELAJARLAH SAAT KONDISI BUGAR/PAGI HARI HASILNYA DUA KALI LIPAT DIBANDING BELAJAR PADA MALAM HARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar