Rabu, 19 April 2017

Soal uh ke 1 thn 2016/2017 kelas X semester 2

Soal uh ke 1 thn 2016/2017 kelas X semester 2 SK 12 KD 12.1, 12.2, 12.3 dan 12.4.

1.    Buatlah sebuah paragraf argumentasi yang tersusun atas pernyataan, alasan dan kesimpulan. Tema : Pencarian Ilmu (sedikitnya tujuh kalimat, tulis judul)

2.    Buatlah sebuah paragraf argumentasi yang tersusun atas  kesimpulan dan alasan. Garisbawahi kalimat utama. Tema : Berbakti Kepada Orang Tua

3.    Buatlah paragraf persuasif tema: Hidup Bersih, Hidup Sehat. Syarat; satu paragraf berisi sedikitnya tujuh kalimat, dan sesuai EYD.

4.    Buatlah sebuah paragraf persuasif yang tersusun atas pernyataan, alasan dan bukti/data. Garisbawahi kalimat ajakan. Tema : Kemanfaatan Ilmu

5.     Buatlah pertanyaan dasar wawancara kepada penjual jamu gendong.

6.    Buatlah dua pertanyaan wawancara pada peternak sapi yang diawali dengan ilustrasi.

7.    Buatlah sebuah paragraf persuasif yang tersusun atas pernyataan, alasan dan bukti/data. Tema : Manfaatkan Ilmu (sedikitnya lima kalimat, tulis judul, garisbawahi kalimat ajakan/imbauan)

8.    Baca dan perhatikan kutipan wawancara berikut. Kemudian tuliskan hasil wawancara dalam bentuk paragraf.

Bagaimana menurut Anda perkembangan kesenian tradisional dewasa ini?   Kesenian tradisional dewasa ini boleh dikatakan sudah tergerus kemajuan zaman. Padahal, kesenian tersebut berkaitan erat dengan kebudayaan bangsa kita.

Apa kaitan antara kesenian dan kebudayaan bangsa?                                           Bangsa yang berbudaya adalah bangsa yang mau peduli terhadap kesenian tradisional. Kesenian tersebut merupakan warisan leluhur kita, nenek moyang kita. Jadi, harus kita upayakan kelestariannya.

Bagaimana dengan generasi muda?                                                                        Dewasa ini, generasi muda lebih cinta pada kesenian-kesenian yang bersifat modern. Mereka sepertinya tidak terlalu ambil pusing, bahkan tidak tahu akan keberadaan kesenian tradisional.

Penyebabnya?                                                                                                           Penyebabnya banyak sekali: salah satunya ialah informasi budaya asing. terkadang, kita tidak pilih-pilih dulu, mana yang sesuai, mana yang tidak. Kebanyakan orang langsung menelan mentah.

Sebagai generasi muda, apa yang dapat kita lakukan?                                                 Kita harus belajar mencintai kesenian tradisional sebagai aset budaya bangsa. Jika tidak, bersiaplah menghadapi kerusakan moral dalam tubuh bangsa majemuk ini.

 

Contoh ilustrasi pertanyaan

Bulan Maret ini harga Lombok mengalami kenaikan sekitar 100% atau Rp 50.000.  Sebagai  petani Lombok apakah Bapak juga mendapatkan keuntungan yang banyak?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar